Ridwan Lengkapi Berkas Bakal Cagub Di PDIP

id pilkada

Ridwan Bae. (Foto ANTARA)

Kendari (Antara Sultra) - Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Sulawesi Tenggara, Ridwan Bae melalui tim suksesnya, Imam Alghozali melengkapi berkas pendaftaran bakal calon gubernur di Sekretariat DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sultra di Kendari, Sabtu.

Anggota Tim Desk Pilkada PDI Perjuangan Sultra, Simon Paloan seusai menerima dan memeriksa kelengkapan berkas administrasi bakal cagub tersebut di Kendari, Sabtu, mengatakan berkas bakal cagub bersangkutan telah memenuhi syarat yang diminta partai kecuali hasil survei tingkat keterpilihan bakal cagub dan rekomendasi dari partai lain belum ada.

"Survei tingkat keterpilihan bakal cagub akan dilakukan oleh lembaga survei independen atas permintaan DPP PDI Perjuangan," katanya.

Jadi, ujar dia, syarat hasil survei tingkat keterpilihan calon baru akan dilengkapi setelah lembaga survei independen menyerahkan hasil survei kepada masing-masing bakal cagub.

Sementara rekomendasi dari partai lain yang akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan baru akan dilengkapi setelah DPP PDI Perjuangan akan menerbitkan rekomendasi bakal cagub di penghujung seluruh proses penyaringan bakal cagub dan bakal calon wakil gubernur.

"Setiap bakal cagub, baik dari kader PDI Perjuangan maupun di luar kader partai, memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi cagub Sultra periode 2018-2023 dari PDI Perjuangan," katanya.

Siapapun yang kelak direkomendasikan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, kata dia, harus dihormati oleh semua pihak terutama kader-kader PDI Perjuangan.

"PDI Perjuangan memang memprioritaskan kader internal partai, namun, jika kader sendiri tidak lebih baik dari figur di luar partai, maka DPP partai sangat mungkin mendukung kandidat di luar partai," katanya.

Menurut dia, sebanyak 12 kandidat gubernur dan dua kandidat calon wakol wakil gubernur yang mendaftar di PDI Perjuangan, dua diantaranya berasal dari kader partai sendiri, yakni Hugua dan Rusman Emba.

"Hugua, mantan bupati Wakatobi dua periode saat menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra, sedangkan Rusman Emba, mantan anggota DPD RI saat ini menjabat sebagai Bupati Muna.

Sampai dengan Sabtu, jumlah kandidat cagub dan cawagub yang melengkapi berkas pendaftaran di PDI Perjuangan sudah lima kandidat.

Kelima kandidat tersebut terdiri dari empat kandidat bakal cagub dan satu kandidat bakal cawagub.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar